Arsip


2015

Vol 3, No 2 (2015)

Jurnal Parental Volume III Nomor 2, Oktober 2015 mengangkat beberapa tema yang terkait dengan hukum dan budaya. Judul yang pertama mengangkat tema tentang Kajian Gender Terhadap Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Dan Kompilasi Hukum Islam Menuju Pembaharuan Hukum Perkawinan Islam Di Indonesia yang diangkat oleh Zeni Lutfiyah, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.Naskah yang kedua mengangkat tema tentang Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Pengawasan Operasional Baitul Maal Wat Tamwil (Studi Di BMT Alfa Dinar Karanganyar) yang diangkat oleh Abdul Aziz, Hisyam Faturrahman, dan Nugraha Prihutama.Naskah ketiga mengangkat tema tentang Perkawinan Di Bawah Umur Dalam Hukum Adat Bali Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak yang diangkat oleh Loresta Cahyaning Lintang, dan Rama Pramu Wicaksono.Naskah yang keempat membahas tentang Pemberdayaan Fungsi Kepala Desa Sebagai Mediator Penyelesai Sengketa Pasca Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang diangkat oleh Anti Mayastuti, Moh. Jamin, dan Mulyanto.Naskah yang kelima mengangkat tema tetang Pemberdayaan Local Wisdom Dalam Penyelesaian Konflik Di Keraton Surakarta Hadiningrat yang dibahas oleh Sutapa Mulja Widada.
Naskah keenam membahas tentang Implementasi Legal Drafting Peraturan Desa Di Desa Klumprit dan Wirun Pasca UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang diangkat oleh Mulyanto dan Bambang Joko Sudibyo.
Naskah ketujuh tentang Menunggu Nasib RUU Penyandang Disabilitas di DPR yang dibahas oleh Agus Rianto.Naskah kedelapan dengan tema Kontribusi Hukum Islam Di Indonesia Dalam Era Reformasi yang diangkat oleh Mohammad Adnan dan Junaidi.Redaksi berharap dengan hadirnya Jurnal Parental ini dapat berperan serta dalam membangun hukum Indonesia dan memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya masyarakat Indonesia

Selamat Membaca!



2013

Vol 1, No 2 (2013)

Jurnal Parental Volume I Nomor 2, Oktober 2013 mengangkat beberapa tema yang terkait dengan hukum dan budaya. Judul yang pertama mengangkat tema tentang Mitigasi Perbankan Syariah dalam Pencegahan Pencucian Uang bagi Pendanaan Terorisme Diangkat oleh Luthfiyah Trini Hastuti , Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kedua mengangkat tema tentang Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu (Sipengestu) Kelurahan Serengan dalam Kajian Sosiologi Hukum diangkat oleh Mulyanto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah ketiga mengangkat tema tentang, Kendala yang dihadapi Hakim dalam Pelaksanaan Mediasi Perceraian di Pengadilan Agama Sragen ditulis oleh Ari Prastyo, mahasiswa Fakultas Hukum UNS dan Agus Rianto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang keempat membahas Efektifitas Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi dan Pengembangan Wilayah Kota Surakarta diangkat oleh Anti Mayastuti, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kelima mengangkat tema Faktor-faktor Penghambat Keberhasilan Mediasi Perceraian di Pengadilan Agama Karanganyar  diangkat oleh Artha Suhangga, mahasiswa Fakultas Hukum UNS, Anthony Wibowo mahasiswa Fakultas Hukum UNS, Agus Rianto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah keenam membahas tentang Efektifitas Usia 17 Tahun pada SIM C Guna Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas Surakarta diangkat oleh Uce Ade Wibowo mahasiswa Fakultas Hukum UNS, dan Sutapa Mulja Widada Dosen Fakultas Hukum UNS

Naskah ketujuh tentang Status  Pernikahan Siri Dalam Aturan Perundang-Undangan Di Indonesia diangkat oleh Zeni Lutfiyah, Dosen Fakultas Hukum UNS.

Naskah kedelapan dengan tema Implementasi Monitoring Mechanism of Syariah Product Innovation dalam Pengembangan Produk Perbankan Syariah diangkat oleh Mahasiswa Fakultas Hukum UNS yaitu Kartika Cahyaningtyas, Rizqa Zuhra Andriyatsari, Zulfana Rizki D.

Naskah kesembilan dengan tema Viral Marketing Ditinjau dalam Perspektif Hukum Islam diangkat oleh Solikhah Dosen Fakultas Hukum UNS.

Redaksi berharap dengan hadirnya Jurnal Parental ini dapat berperan serta dalam membangun hukum Indonesia dan memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya masyarakat Indonesia.

 

Vol 1, No 1 (2013)

Jurnal Parental Volume I Nomor 1, April 2013 mengangkat beberapa tema yang terkait dengan hukum dan budaya. Judul yang pertama mengangkat tema tentang Problematika Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kota Surakarta Tahun 2010 yang diangkat oleh Sutapa Mulya Widada, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kedua mengangkat tema tentang Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Penyusunan Peraturan Desa Partisipatif di Mojolaban yang diangkat oleh Bambang Joko Sudibyo, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah ketiga mengangkat tema tentang Pandangan Undang-Undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam terhadap Nikah Mut’ah yang diangkat oleh Agus Riyanto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang keempat membahas tentang Gagasan Sekolah Bertaraf Internasional yang Responsif Hak Konstitusional Pendidikan yang diangkat oleh Mulyanto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kelima mengangkat tema tetang Pola Mediasi Hukum Adat yang dibahas oleh Anti Mayastuti, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah keenam membahas tentang Implementasi Prinsip-Prinsip CEDAW dalam Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di SPEK-HAM Solo yang diangkat oleh Yudanto Prawira P dan Prabowo Cahyandaru, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah ketujuh tentang Pengaruh Sistem Politik Masyarakat Jawa terhadap Sistem politik di Indonesia yang dibahas oleh Agung Ariyanto, Dio Dera Darmawan, dan Ganang Setiyo Nugroho, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah kedelapan dengan tema Model Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Menurut Hukum Adat di Minangkabau yang diangkat oleh Kandi Widiadara, Riska Putri, dan Wanda, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah kesembilan dengan tema Peran Hukum dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan  Kejahatan Dunia Maya yang dibahas oleh Bintang Ayu Soraya, Dika Arum Permatasari, dan Nurlaila Yukamujrisa, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Redaksi berharap dengan hadirnya Jurnal Parental ini dapat berperan serta dalam membangun hukum Indonesia dan memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya masyarakat Indonesia.


1 - 6 of 6 Item    


ISSN: 2303-0658