Vol 1, No 1 (2013)

Jurnal Parental Volume I Nomor 1, April 2013 mengangkat beberapa tema yang terkait dengan hukum dan budaya. Judul yang pertama mengangkat tema tentang Problematika Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kota Surakarta Tahun 2010 yang diangkat oleh Sutapa Mulya Widada, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kedua mengangkat tema tentang Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Penyusunan Peraturan Desa Partisipatif di Mojolaban yang diangkat oleh Bambang Joko Sudibyo, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah ketiga mengangkat tema tentang Pandangan Undang-Undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam terhadap Nikah Mut’ah yang diangkat oleh Agus Riyanto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang keempat membahas tentang Gagasan Sekolah Bertaraf Internasional yang Responsif Hak Konstitusional Pendidikan yang diangkat oleh Mulyanto, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah yang kelima mengangkat tema tetang Pola Mediasi Hukum Adat yang dibahas oleh Anti Mayastuti, Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah keenam membahas tentang Implementasi Prinsip-Prinsip CEDAW dalam Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di SPEK-HAM Solo yang diangkat oleh Yudanto Prawira P dan Prabowo Cahyandaru, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah ketujuh tentang Pengaruh Sistem Politik Masyarakat Jawa terhadap Sistem politik di Indonesia yang dibahas oleh Agung Ariyanto, Dio Dera Darmawan, dan Ganang Setiyo Nugroho, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah kedelapan dengan tema Model Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Menurut Hukum Adat di Minangkabau yang diangkat oleh Kandi Widiadara, Riska Putri, dan Wanda, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Naskah kesembilan dengan tema Peran Hukum dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan  Kejahatan Dunia Maya yang dibahas oleh Bintang Ayu Soraya, Dika Arum Permatasari, dan Nurlaila Yukamujrisa, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Redaksi berharap dengan hadirnya Jurnal Parental ini dapat berperan serta dalam membangun hukum Indonesia dan memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya masyarakat Indonesia.

Daftar Isi

Artikel

PERAN HUKUM DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN SOSIAL DAN KEJAHATAN DUNIA MAYA PDF
Bintang Ayu Soraya, Dika Arum Permatasari, Nurlaila Yukamujrisa
PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PENYUSUNAN PERATURAN DESA PARTISIPATIF DI MOJOLABAN PDF
Bambang Joko Sudibyo
PROBLEMATIKA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PEMILUKADA) DI SURAKARTA TAHUN 2010 PDF
Sutapa Mulja Widada
GAGASAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL YANG RESPONSIF HAK KONSTITUSIONAL PENDIDIKAN PDF
Mulyanto Mulyanto
POLA MEDIASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ADAT PDF
Anti Mayastuti
IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP CEDAW DALAM PENANGANAN KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI SPEK-HAM SOLO PDF
Yudanto Prawira P, Prabowo Cahyandaru
PANDANGAN UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM TERHADAP NIKAH MUT’AH PDF
Agus Rianto
PENGARUH SISTEM POLITIK MASYARAKAT JAWA TERHADAP SISTEM POLITIK DI INDONESIA PDF
Agung Ariyanto, Dio Dera Darmawan, Ganang Setiyo Nugroho
MODEL PENYELESAIAN TINDAK PIDANA RINGAN MENURUT HUKUM ADAT DI MASYARAKAT MINANGKABAU PDF
Kandi Widiadara, Riska Putri, Wanda Wanda


ISSN: 2303-0658