PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PIHAK YANG LEMAH DALAM MERGER PT. BANK MANDIRI (Persero), Tbk

Kartika Laksmitasari, Khanan Khanan

Sari


Abstrak
Goncangan perekonomian yang dialami Indonesia pada masa orde baru menimbulkan dampak yang sangat besar, terutama bagi usaha perbankan. Demi menyelamatkan industri perbankan, pemerintah memiliki opsi untuk melakukan merger atau likuidasi. Merger adalah penggabungan suatu perusahaan ke perusahaan lain, sedangkan likuidasi adalah pembubaran suatu perusahaan. Langkah yang dipilih pemerintah adalah melakukan merger antara Bank Ekspor Impor (Bank Eksim), Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri.
Gabungan keempat bank tersebut kini dikenal dengan nama Bank Mandiri. Dalam proses merger tersebut pemerintah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1999 tentang Merger, Konsolidasi dan Akuisisi Bank. Dengan adanya ketentuan-ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun
1999, pemerintah dapat melakukan merger sesuai tata cara dan prosedur yang tepat tanpa mengabaikan kepentingan pemegang saham minoritas dan karyawan Bank, serta kepentingan rakyat banyak.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.